googC8LGQ1sdnScSzbkX9LsMLp3KzpqWpLrjNF0c

Cara Isi Ulang Atau Tambah Freon Pada Ac Split

Mau tau cara isi ulang atau tambah refrigerant pada ac? Hai sobat Pendingin kali ini kita akan membahas beberapa tips dan bagaimana cara mengatasi permasalahan Ac yang tidak dingin dikarenakan kurang refrigerant atau biasa juga disebut refrigerant. Apa sih yang dimaksud dengan refrigerant? Nanti kita akan bahas juga ya sobat di artikel selanjutnya.



Saat anda mendapatkan masalah Ac yang tidak dingin, salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kekurangan refrigerant. Jika refrigerant Ac berkurang dan tak sesuai dengan standar, maka yang akan terjadi adalah suhu yang diinginkan tidak akan tercapai dan dapat terbentuknya bunga es pada pipa low pressure (pipa hisap) yang dapat mengakibatkan kinerja kompresor tidak stabil dan dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor.

Di bawah ini adalah cara untuk mengisi refrigerant Ac dengan cara yang mudah untuk anda ikuti. Langkah awal cara pengisian Refrigerant pada Ac adalah :

1.Cek unit Ac yang bermasalah.

Terlebih dahulu sobat harus memastikan apakah benar Ac yang bermasalah tersebut kurang refrigerant atau ada masalah lain, caranya : Tes/hidupkan ac cek suhu dengan thermometer, lalu sobat cek pada bagian unit out door cek tekanan dan ampere kompresor apakah sesuai dengan template pada out door atau tidak.

2. Pasang manifold ke pentil kompresor.

Cara memasang manifold sangat mudah, buka casing penutup pada out door, lalu buka penutup pentil  pasang selang manifold pastikan selang manifold sesuai dengan ukuran pentil pada keran out door. karena untuk type ac sekarang ukuran pentil keran berbeda-beda sesuai dengan type refrigerant. Cek tekanan refrigerant dan ampere kompresor bila berkurang maka boleh ditambahkan.Berikut tabel ukuran dan type refrigerant.

Tabel untuk refrigerant type R.22.


NO
Kapasitas Ac dan Type refrigerant
Tekanan refrigerant
Ampere kompresor
1
Ac split 0,5 pk refrigerant R.22
70 psi s/d 80 psi
2 A
2
Ac split 1 pk refrigerant R.22
70 psi s/d 80 psi
4 A
3
Ac split 1,5 pk refrigerant R.22
70 psi s/d 80 psi
5 A s/d 6 A
4
Ac split 2 pk refrigerant R.22
70 psi s/d 80 psi
8 A s/d 9 A

Tabel untuk refrigerant type R.32 dan R.410.

NO
Kapasitas Ac dan Type refrigerant
Tekanan refrigerant
Ampere kompresor
1
Ac split 0,5 pk refrigerant R.32 dan R.410
110 psi s/d 150 psi
2 A
2
Ac split 1 pk refrigerant R.32 dan R.410
110 psi s/d 150 psi
4 A
3
Ac split 1,5 pk refrigerant R.32 dan R.410
110 psi s/d 150 psi
5 A s/d 6 A
4
Ac split 2 pk refrigerant R.32 dan R.410
110 psi s/d 150 psi
8 A s/d 9 A

Untuk tabel diatas tidak lah menjadi patokan,untuk memastikan detail nya bisa dilihat pada label yang tertera pada outdoor.

3. Cara pengisian refrigerant.

Pastikan kondensor outdoor dalam keadaan bersih. Lakukan pengisian secara perlahan Jangan tergesa-gesa dalam mengisi refrigerant. Bukalah katup manifold juga perhatikan nanti jarum manifold naik. Proses pengisiannya jangan terlalu cepat. Jangan buka manifold secara penuh, sedikit saja dan tahan lalu tutup lagi.Lakukan pengisian ini dengan hati-hati, santai saja tidak perlu terburu-buru.

Sesuaikan tekanan refrigerant dengan ampere kompresor, bila ampere kompresor sudah hampir mendekati batas maksimal maka cukup untuk pengisian refrigerant itu menandakan kompresor sudah mulai lemah. Begitu juga sebaliknya bila pengisian refrigerant sudah mencapai batas maksimal tetapi ampere kompresor masih belum tercapai maka cukup untuk pengisian refrigerant itu menandakan kompresor masih bagus. Untuk pengisian refrigerant type R 32 dan type R 410 saat pengisian posisi tabung refrigerant harus dibalik mengikuti arah tanda panah yang tertera pada tabung refrigerant tersebut.

Demikianlah cara mengisi Refrigerant AC  dengan mudah. Semoga informasi yang kami bagikan ini bisa memberikan manfaat untuk anda para pembaca semuanya.
Bila artikel ini bermanfaat mohon sekiranya sobat pendingin untuk shear dan berbagi kepada yang lain
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 komentar

Posting Komentar

wa