googC8LGQ1sdnScSzbkX9LsMLp3KzpqWpLrjNF0c

Cara memperbaiki Evaporator Kulkas 1 Pintu Yang Tertusuk Pisau

Hai sobat pendingin kali ini kita akan membahas bagaimana cara memperbaiki evaporator kulkas 1 pintu yang bocor. Seringkali evaporator kulkas 1 pintu tertusuk benda tajam seperti pisau, obeng, garpu, sendok adalah kerusakan yang di sebabkan karena salah penggunaan, orang biasanya tergesa-gesa ingin mengambil es batu  di dalam freezer kulkas. Sementara kondisi es batu yang lengket terhadap  evaporator kulkas menyebabkan kekuatan tangan tidak bisa untuk mengambilnya dan es batu tersebut di cungkil dengan pisau yang mengakibatkan evaporator tertusuk.


Langkah-langkah yang harus dilakukan pada saat evaporator  kulkas anda tertusuk pisau?

1. Matikan kulkas dengan cara mencabut steker listriknya.
2. Bersihkan sisa air atau es batu yang mesih menempel pada dinding dinding freezer kulkas sampai bersih dan kering.
3. Jangan sekali-kali menghidupkan kulkas pada saat masih banyak air di dalam freezer.

Bagaimana cara memperbaiki evaporator kulkas 1 pintu yang tertusuk ujung pisau?

mungkin ini agak sulit di kerjakan bagi sebagian orang yang kurang faham dengan dunia teknik pendingin, tapi paling tidak saya bisa sedikit memberi pemahaman kepada anda tentang bagaimana cara memperbaiki freezer kulkas yang tertusuk benda tajam.

Ada beberapa opsi dalam memperbaiki masalah evaporator kulkas 1 pintu yaitu:
Opsi A: Dengan cara mengganti evaporator kulkas 1 pintu dengan yang baru
Opsi B: Dengan cara menambal evaporator yang bocor dengan lem khusus untuk menambal.
Mari kita pelajari satu persatu cara perbaikannya,

Opsi A: Mengganti evaporator (freezer kulkas) yang tertusuk ujung pisau.

Mengapa harus diganti?
1.Lubang yang tertusuk berukuran lebar melebihi 5 mm dan pada jalur tunggal sehingga tidak mungkin di lakukan perbaikan pada evaporator.
2.Lubang yang tertusuk tembus pada freezer nya sehingga tidak memungkinkan di lakukan perbaikan.
3.Kulkas terlalu lama di diamkan (tidak langsung di service), dari pengalaman service saya selama ini apabila kulkas rusak karena bocor evaporator melebihi 1 bulan maka evaporator tersebut akan keropos (artinya apabila dilakukan perbaikan di titik A maka di titik B akan ikut bocor).

untuk cara perbaikan opsi A sama dengan cara perbaikan opsi B.

Opsi B: Menambal evaporator kulkas 1 pintu yang bocor dengan lem khusus.

1.Lepaskan evaporator dari kulkas.

Bersihkan bagian evaporator yang bocor lalu panaskan dengan alat las, oleskan evaporator yang bocor dengan menggunakan lem hijau ( Lem berwarna hijau yang memang khusus untuk menambal evaporator yang bocor) bentuknya seperti kapur tulis.

Pada saat mengoleskan lem hijau evaporator harus masih dalam keadaan panas sehingga lem hijau dapat mencair dan menutup sempurna pada bagian yang bocor. Kemudian agar hasil lebih sempurna setelah evaporator dingin dan lem hijau kering tambahkan lem besi atau lem campur (hitam+putih), aduk dan tutup rata dibagian lem hijau. Setelah lem besi mengering agar terlihat lebih bagus maka semprot evaporator dengan cat.

Perbaikan dengan metode ini lebih kuat tapi pengerjaan nya cukup sulit, karena evaporator harus betul betul bersih tidak ada sisa oil yang tersimpan di saluran evaporator dan untuk membersihkan sisa oil atau air maka evaporator harus di turunkan untuk di flushing.

2. Flushing dengan refrigerant R.11

Bersihkan jalur pipa low dan high pressure dengan R.11 caranya, lepas pipa low dan high pres pada kompresor lalu pasang kan pentil, pasang manifold dan flushing dengan R.11. pastikan cairan R.11 masuk agar sisa oli yang berada dalam pipa ikut terbawa oleh cairan R.11.

3.Pasang kembali evaporator yang telah ditambal.

Untuk pekerjaan ini harus lebih hati-hati karena bisa mengakibatkan bodi kulkas terbakar oleh alat las. Disarankan sebelum menyabung evaporator sebaiknya bodi kulkas di basuh terlebih dahulu dengan air agar dapat meredam suhu panas dari alat las. Dan ukuran api alat las jangan terlalu besar.

4. Mengganti filter dan memasang pentil.

Langkah selanjut nya adalah memasang pentil pada kompresor dan mengganti filter. Untuk  mengganti filter di sarankan jangan terlalu lama proses las nya karena saringan filter yang sangat tipis bila terkena panas yang berlebihan maka saringan tersebut lepas dari posisi nya. Untuk kulkas harus memakai jenis filter isi.

5. Vacuum unit.

Setelah evaporator, pentil dan filter terpasang langkah selanjutnya adalah vacuum unit.
Pasang selang manifold pada pentil yang sudah terpasang pada kompresor dan pasang satu selang lagi pada mesin vacuum. Proses vacuum ada 2 tahap yaitu, tahap pertama proses vacuum selama kurang lebih 5 menit, tutup katup manifold dan matikan mesin vacuum untuk memastikan apakah masih ada bocor atau tidak.Apabila masih ada bocor maka jarum pada manifold akan naik kembali ke posisi awal. Tunggu selama 10 menit dan pastikan jarum tidak kembali ke posisi awal. Untuk tahap kedua hidupkan kembali mesin vacuum dan buka kembali katup manifold selama 10 menit. Setelah selesai tutup terlebih dahulu katup manipol lalu matikan mesin vacuum dan jangan lepaskan selang yang terpasang pada pentil kompresor.

6. Pengisian refrigerant R.134 a.

Setelah semua terpasang dan sudah dipastikan tidak ada kebocoran pada unit langkah terakhir adalah pengisian refrigerant R.134 a.
Untuk cara pengisian refrigerant R.134 a adalah, pastikan selang manifold masih terpasang pada pentil kompresor lalu pasang satu selang lagi ke pentil tabung refrigerant R.134 a. Buka katup tabung refrigerant, lalu buka katup manipol isi refrigerant R.134 a hingga mencapai tekanan 40 psi pada posisi kulkas mati. Pasang tang ampere pada kabel power kompresor untuk mengukur ampere kompresor, lalu hidupkan unit kulkas. Pada saat kulkas di hidupkan maka otomatis tekanan refrigerant akan berubah, isi kembali hingga tekanan mencapai 15 psi dan ampere kompresor 0.5 A.

Catatan:


  • Bila tekanan sudah mencapai 15 psi tetapi ampere kompresor belum mencapai maka pengisian refrigerant sudah cukup.artinya kompresor masih berfungsi bagus.
  • Bila tekanan refrigerant belum tercapai tetapi ampere kompresor sudah melebihi 0.5 A maka pengisian refrigerant sudah cukup. Artinya kompresor sudah tidak berfungsi dengan normal.


Demikianlah artikel tentang cara perbaikan evaporator kulkas 1 pintu yang bocor, semoga bermanfaat bila ada kesalahan dalam hal penulisan kata-kata mohon dimaafkan.
Bila ada saran dan kritik membangun bisa komentar di kolom komentar. Bila anda suka artikel ini bisa di shear agar bisa lebih bermanfaat.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

wa