googC8LGQ1sdnScSzbkX9LsMLp3KzpqWpLrjNF0c

Cara Vacum Ac Yang Benar Dengan 2 metode Pada Saat Pemasangan Ac.

Hai Sobat Pendingin,kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan alat vacuum yang benar bagi pemula untuk yang sudah master mohon minggir dulu atau bisa komentar dan shear di bawah.


Sebelum kita bahas saya ingin memberitahukan kenapa sih Ac, kulkas Dan mesin-mesin pendingin lainnya harus di vacuum. Sangatlah diwajibkan untuk vacuum jalur refrigerant pada saat memasang atau memperbaiki ac, kulkas dan mesin-mesin pendingin lainnya. kenapa ? karena di jalur refrigerant terdapat udara yang mengandung uap air sehingga berpotensi merusak kompresor atau menyumbat lajur aliran refrigerant. udara yang mengandung uap air tersebut bila tercampur menyatu dengan refrigerant maka akan berubah bentuk menjadi benda padat(es), Maka sangatlah dianjurkan untuk melakukan vacuum pada alat tersebut untuk membuang udara yang mengandung air. Banyak definisi lain tentang hal ini,kalau definisi diatas ini versi dan menurut pengalaman saya.

Ada 2 metode yang akan kita bahas kali ini yaitu dengan cara vacuum body (Manual) dan dengan cara menggunakan mesin vacuum.

Metode ke. 1.Langkah langkah vakum ac dan kulkas secara manual adalah sebagai berikut.

A. Cara manual vacuum Ac.

Langkah pertama tentunya kita mempersiapkan peralatan secukupnya. Obeng, tang, manifold, kunci L dan lainnya. Cara ini berlaku pada ac yang unit outdoor nya masih menyimpan cukup banyak refrigerant. Jika refrigerant pada outdoor ac masih cukup, maka lakukan pengecekan memastikan nepal sudah terpasang rapi dan kuat.

Buka semua penutup keran atau kunci L dan penutup pentil pada ac, lalu pasang kunci L pada keran pipa yang kecil lalu putar ke kiri sedikit dan buang angin dengan menekan bagian tengah pentil sampai refrigerant terlihat ikut keluar. Dan setelah itu buka full kunci L pada kedua keran. Dan untuk proses ini sudah siap.

Lanjut cara vacuum ac manual jika di unit outdoor ac benar benar kosong tidak ada refrigrant. Pertama pasang manifold nya di pentil ac dan buka keran nya. Juga buka semua semua keran ac yang ada pada unit outdoor ac.

Lalu hidup ac tersebut, Jika unit outdoor ac sudah menyala maka lakukan penutupan keran dengan kunci L di bagian keran atau pipa hisap atau bagian nepal pipa yang besar, tutup rapat rapat. Pastikan angin pada manifold terlihat keluar, tunggu beberapa saat hingga angin pada manifold sudah tidak keluar.

Jika di rasa cukup maka tutup keran manifold dan di lanjutkan membuka keran nepal hisap yang besar tadi dengan kunci L. Untuk mendapatkan yang lebih maksimal isi refrigerant hingga pada tekanan 0 psi lebih sedikit. Dan ulang dengan melepas tabung refrigerant jika manifold single, lalu tutup keran bagian hisap atau keran pada nepal yang besar dan buang refrigerant kembali sampai habis total. Jika sudah tutup keran manifold dan buka kunci L semuanya dan ac siap di isi refrigerant dengan perlahan sampai di rasa cukup.

B. Cara manual vacuum pada kulkas.

Cara vacuum pada kulkas secara manual adalah sebagai berikut, setelah pipa low dan high pres sudah terpasang, pentil dan filter sudah terpasang pastikan sudah tidak kebocoran. Pada filter ada 2 lubang kapiler, 1 lubang untuk kapiler dan 1 lubang lagi untuk buangan udara yang bisanya di pasang juga pipa kapiler dengan ukuran pajang 4 cm.

Lalu pasang manipol pada pentil kompresor, kemudian hidupkan kulkas biar kan menyala kurang lebih 10 menit sampai udara tidak lagi keluar dari pipa kapiler untuk buangan udara. Setelah udara sudah tidak keluar maka ujung pipa kapiler tersebut jepit dengan tang press lalu las agar memastikan tidak ada kebocoran refrigerant.

Untuk cara-cara manual diatas saya sangatlah tidak merekomendasikan kenapa? karena cara diatas tidaklah maksimal masih terdapat udara yang tidak terbuang.

Metode ke 2 langkah-langkah vacuum Ac dan kulkas dengan menggunakan mesin vacuum khusus.

Langkah-langkah mengunakan mesin vacuum adalah sebagai berikut, setelah instalasi pipa refrigerant untuk Ac dan kulkas sudah terpasang dengan baik.dana pastikan juga tidak ada kebocoran pada instalasi tersebut. Pasang selang manipol ke pentil kompresor atau keran pada ac. Pasang 1 selang lagi ke mesin vacuum lalu hidupkan mesin vacuum tunggu selama 20 menit agar udara didalam instalasi refrigerant benar-benar terbuang.setelah udara benar-benar terbuang dan jarum manifold  menunjukan -30 inhg atau jarum manifold mentok, maka matikan mesin vacuum.

Untuk cara diatas bisa digunakan untuk Ac, kulkas dan mesin pendingin lainnya.pada sat melakukan cara diatas mesin Ac atau pun kulkas dalam keadaan mati berbeda dengan cara vacuum manual yang mesin kompresor harus dalam keadaan hidup.

Metode ke.2 ini sangatlah direkomendasikan baik dari para teknisi senior mau pun brand yang memproduksi ac atau kulkas tersebut,karena lebih efektif dan maksimal. Demikianlah artikel tentang cara vacuum ac dan kulkas yang benar.semoga bermanfaat bila ada saran dan kritikan yang membangun untuk blog ini silahkan komentar dibawah.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

wa