googC8LGQ1sdnScSzbkX9LsMLp3KzpqWpLrjNF0c

Cara Memperbaiki dan Mengisi Freon AC R.32

Cara Memperbaiki dan Mengisi Freon AC R.32 –Air Conditioner atau AC umumnya memiliki 3 jenis freon yang dipakai sebagai penghantar dingin. Freon R.22, freon R.32, dan freon R.410. Ketiga jenis freon ini memiliki tingkat kepadatan gas yang berbeda. Selain itu, teknik pengisian dan perawatannya juga berbeda. Oleh karena itu, jika freon AC milikmu mengalami kerusakan, hal yang perlu kamu tahu adalah jenis freon yang terpasang.




Ciri Umum Beberapa Jenis Freon AC

Untuk jenis freon R.22 teknik pengisiannya cenderung lebih mudah karena karakternya tidak terlalu sensitif terhadap kotoran dan air, sehingga proses pembersihan juga lebih mudah. Hal ini berbeda dengan freon R.32 dan R.410 yang lebih peka terhadap debu dan air. Jika pengisian freon terselip debu atau air dalam jumlah kecil, maka kinerja AC akan menurun.

Cara Memperbaiki Freon AC R.32

Cara paling mudah untuk memperbaiki sebelum mengisi freon AC yaitu mencermati titik kerusakan yang terjadi. Bila AC hanya berkurang performanya dalam penghantaran dingin, maka hanya perlu dibersihkan saja dengan memperhatikan teknik yang benar. Usahakan agar pembersihan tidak bersentuhan langsung dengan air dan zat pembersih lainnya karena freon AC R.32 lebih sensitif dibanding freon AC R.22.

Apabila kerusakan terjadi karena kekonsletan pada beberapa kabel, maka perlu dibenahi berdasarkan sambungan listrik penghantarnya. Perlu diketahui, bahwa pipa yang digunakan untuk freon AC R.32 agak lebih tebal dibanding untuk freon R.22. Kamu harus memastikan pipa yang digunakan memiliki ketebalan 0,55 mm hingga 0,66 mm.

Cara Mengisi Freon AC R.32

Sebelum mengisi freon AC R.32, kamu harus yakin bahwa AC sudah bersih sepenuhnya. Kamu bisa menggunakan vakum untuk pembersihan sebelum freon diisi ulang. Proses ini perlu dilakukan sebagai indikator kebersihan dan menghindari adanya udara yang tersisa di dalam freon, karena pengisian hanya bisa berlangsung maksimal saat freon dalam kondisi kedap udara.
Setelah freon kedap udara, maka kamu bisa melakukan langkah-langkah pengisian sebagai berikut.

1.Memasang Manifold ke Pentil Kompresor AC

Langkah pertama yaitu memasang manifold ke dalam kompresor dengan dua selang. Selang pertama diarahkan pada kompresor, sedangkan selang kedua diarahkan pada tabung freon. Untuk jenis freon AC R.32, ada baiknya kamu juga menyiapkan selang sambungan ke ujung manifold dengan ukuran pentil yang sesuai. Hal ini dikarenakan ujung selang jenis R.32 lebih besar dibandingkan  R.22.

2.Melakukan Pengisian Secara Bertahap dan Perlahan-lahan

Tidak perlu terburu-buru saat mengisi freon AC. Lakukanlah secara perlahan. Kamu bisa memulainya dengan membuka katup manifold dan memperhatikan jarum penanda yang perlahan naik karena pengisian. Jangan terlalu cepat melakukan pengisian. Pastikan bahwa manifold juga terbuka sedikit saja agar gas bisa masuk secara maksimal.

3.Tekanan Aliran Gas Bisa Disesuaikan dengan PK AC yang Sedang Diisi

Sebelum AC diputus pengisiannya, kamu harus mengetahui PK AC-nya. Kamu bisa menggunakan tang Ampere untuk menentukan jumlah pengisian yang tepat. Dengan demikian kamu juga bisa menyesuaikan tekanan freon yang bisa disalurkan secara maksimal. Apabila AC memiliki PK 0,5, maka kamu bisa mengisinya dengan tekanan 60-70 Psi. Jika ukuran PK 3/4, maka kamu bisa mengoptimalkan pengisian pada angka 80-90 Psi.

Hal fatal yang dapat terjadi bila pengisian tidak sesuai adalah terjadi overload pengisian. Jika demikian, saluran akan cepat terputus dan harus mengisi freon AC dari awal kembali. Hal ini akan membuang waktumu yang berharga.

Setelah mengetahui cara memperbaiki dan mengisi freon AC R.32 dengan detail, kamu bisa mempraktikkannya secara mandiri apabila freon AC tidak berjalan secara sempurna. Mengisi freon AC bukanlah hal yang sulit jika kamu mengikuti langkah-langkah yang dijabarkan dengan sempurna.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates
wa