googC8LGQ1sdnScSzbkX9LsMLp3KzpqWpLrjNF0c

Cara Mengganti Kompresor AC Split

Cara Mengganti Kompresor AC Split - Kompresor adalah salah satu bagian penting dari Air Conditioner (AC) atau mesin pendingin udara. Jika kompresor mati maka otomatis mesin AC pun tidak berfungsi. Anda perlu mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki kompresor tersebut.

Definisi AC Split
AC Split merupakan seperangkat alat yang memiliki fungsi sebagai pengatur suhu udara dalam ruangan menjadi lebih rendah daripada suhu yang terdapat pada lingkungan sekitar. Seluruh jenis atau tipe AC mampu bekerja dengan maksimal apabila ruangan dalam keadaan tertutup rapat dan harus dipastikan tidak ada lubang ventilasi maupun jendela yang terbuka.

Dalam sistem kerja AC Split, terdapat beberapa komponen atau bagian penting yang dikelompokkan menjadi empat jenis yaitu komponen utama, komponen pendukung, kelistrikan dan refrigeran atau bahan pendingin.

Komponen utama pada AC Split terdiri dari kompresor, kondensor, pipa kapiler dan evaporator. Komponen pendukungnya adalah strainer atau saringan, accumulator, minyak pelumas kompresor dan fan atau blower.

Sedangkan yang termasuk komponen kelistrikan antara lain thermistor, PCB kontrol, kapasitor, overload dan motor listrik. Yang terakhir adalah refrigeran atau bahan pendingin. Biasanya jenis yang digunakan adalah R.22, namun kini AC dengan model terbaru menggunakan R.410A dan R.32.

Jika Kompresor AC Bermasalah
Kompresor adalah salah satu komponen utama pada sistem kerja AC. Alat ini berperan sebagai pusat sirkulasi yang memompa dan mengalirkan refrigeran atau bahan pendingin yaitu freon ke seluruh bagian AC.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan kompresor bermasalah yakni kompresor macet dan kompresor panas. Jika terjadi gangguan pada kompresor, maka sistem kerja AC tidak mampu bekerja dengan optimal. Bisa jadi Anda harus memahami cara mengganti kompresor AC supaya AC bisa kembali berfungsi dengan baik.

Kebutuhan yang harus diperhatikan dalam mengganti kompresor AC Split adalah alat pengelasan yang terdiri dari tabung camping gas dan tabung oksigen. Jika tidak ada tabung oksigen, bisa diganti dengan blender dan bahan bakar HI-Cook. Peralatan lain yang harus disiapkan adalah kunci ring, obeng, analyzer, alat vakum, freon, kawat las perak dan tentunya kompresor yang sesuai.

Cara Mengganti Kompresor AC
Langkah pertama dalam proses mengganti kompresor AC adalah pengelasan. Sebelum Anda melakukan proses pengelasan, bukalah semua tutup body atau cover outdoor supaya hawa panas dari proses pengelasan tidak berdampak mengenai kompresor.

Langkah kedua yakni membuka sambungan dengan proses pelepasan body atau casing. Lepaskan kedua sambungan pipa yang menghubungkan antara kompresor dengan kondensor dan pipa menuju kran valve dengan menggunakan alat las yang telah dipanaskan. Lepaskan mur-mur yang terdapat di kaki kompresor dengan kunci ring pas berukuran 12 hingga 13.

Langkah ketiga yaitu mengganti kompresor sesuai tipe. Setelah mur dilepas, angkatlah kompresor dengan hati-hati dan seksama. Kemudian diganti dengan kompresor baru. Yang perlu Anda perhatikan adalah tidak semua kompresor dapat dipasang dengan mudah sebab tipe kompresor berbeda. Pastikan Anda sudah melihat label yang tertera pada body kompresor. Letakkan kompresor di tempat dudukan semula. Sambung kembali pipanya dengan menggunakan alat las. Lalu kencangkan bautnya.

Langkah selanjutnya adalah ganti pipa kapiler sekaligus filter agar freon bisa kembali bersirkulasi dengan lancar. Kemudian tutuplah body AC dan vakum AC tersebut. Lalu operasikan AC Split dan lakukan pengisian freon.

Cara mengganti kompresor AC Split akan dianggap berhasil apabila Anda melakukan tes ampere kompresor dengan tang ampere dan hasil pemeriksaannya adalah ampere normal sesuai tabel tertentu.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates
wa