googC8LGQ1sdnScSzbkX9LsMLp3KzpqWpLrjNF0c

Pengenalan Jenis-jenis Refrigrant

Trijaya-agritech.id - Hai, teman pendingin kali ini kita akan membahas jenis-jenis refrigerant yang paling sering digunakan oleh Teknisi Ac. refrigerant adalah jenis spare part berbentuk gas dan cairan yang berperan penting dalam proses pendinginan. Refrigerant atau bisa disebut freon sering digunakan oleh teknisi, kami akan mencoba uraikan satu persatu.



1. Refrigerant R.22
Refrigeran yang paling umum adalah CFC. Pada 1990-an dan 2000-an, CFC diganti dengan HCFC (hydro cloro fluoro carbons) dan yang paling umum adalah "R-22". Namun, HCFC hanya sedikit lebih baik daripada CFC karena mengandung klorin, yang berbahaya bagi lingkungan.

Jenis refrigeran ini berpotensi merusak ozon sebesar 0,05 jika dibandingkan dengan jenis refrigeran lainnya yang hanya bernilai nol. Namun, refrigerant jenis ini tidak mudah terbakar.

Peraturan pemerintah indonesia melalui Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, menyatakan bahwa sejak tahun 2015 jenis refrigeran R22 ini tidak di izinkan untuk digunakan lagi. Jadi semua pabrik di Indonesia dilarang memproduksi mesin pendingin yang masih menggunakan refrigerant R22 jenis ini.

2. Refrigerant R.410A

Karena jenis R22 mengandung klorin yang tentunya berbahaya bagi lingkungan, akhirnya produsen memproduksi jenis refrigeran lain, yaitu HFC (Hydro Fluro Carbons). Meskipun masih dapat menyebabkan pemanasan global, setidaknya jenis refluks HFC lebih baik dari pada jenis refrigeran R22.

Salah satu pendingin yang paling banyak digunakan untuk saat ini adalah R410a. Refrigeran yang satu ini lebih baik, dalam hal perusakan lapisan ozon dan efisiensi energi dibandingkan dengan R22. Berbeda dengan jenis refrigerant R22, jenis refrigerant ini tidak berpotensi merusak ozon.

Sedangkan untuk potensi pemanasan global jenis refrigerant ini memiliki nilai yang cukup tinggi dibandingkan dengan tipe R22. Tipe refrigerant R410A ini juga tidak mudah terbakar.

3. Refrigerant R.32

Refrigrant R32 bisa dibilang adalah refigerant terbaik saat ini dan juga direkomendasikan oleh pemerintah Indonesia. Ini karena refrigerant R32 menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan, tidak menyebabkan perusakan lapisan ozon, meskipun masih dapat menyebabkan pemanasan global.

Jenis refrigerant ini termasuk dalam HFC refigerant tetapi lebih dikembangkan dan lebih baik dari refrigeran sebelumnya. Jenis refrigerant ini pertama kali digunakan oleh Daikin pada tahun 2013 dan digunakan pada produk mereka. Jenis refrigerant mulai digunakan di AC mulai tahun 2013.

Jenis refrigerant R32 ini lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan refrigerant jenis R410A dan memiliki potensi pemanasan global yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis refrigerant R22 dan R410A. jenis refrigerant R32 yang mudah terbakar, tetapi jenis refrigerant ini masih aman digunakan untuk mesin penyejuk ruangan.

4. Refrigerant R.404A

Refrigerant 404A diperkenalkan dari tahun 1990, sebagai pengganti bagian perusakan lapisan ozon pendingin CFC seperti R12 dan R502 dan sekarang merupakan pengganti HCFC seperti R22. Namun untuk pendingin 404a hanya digunakan untuk mesin pendingin atau mesin makan lainnya seperti mesin pendingin penyimpanan dingin, mesin pembuat es. juga beberapa merk ac menggunakan jenis refrigerant 404a tetapi untuk kapasitas ac ukuran pk besar.

5. Refrigerant R.134a

Refrigerant R134a juga dikenal sebagai Tetra fluoroe thane (CF3CH2F) dari keluarga refrigerant Hfc. Dengan penemuan efek merusak dari pendingin CFC dan HCFC pada lapisan ozon, keluarga pendingin HFC telah banyak digunakan sebagai pengganti mereka.

Ini sekarang digunakan sebagai pengganti pendingin R-12 CFC di bidang sentrifugal, sekrup putar, gulungan, dan kompresor bolak-balik. Aman untuk penanganan normal karena tidak beracun, tidak mudah terbakar, dan tidak korosif.

Demikian artikel tentang jenis-jenis refrigerant dan masih ada jenis-jenis refrigerant lainnya dan nanti kita akan membuat artikel. Teman keren sampai disini dulu kalau ada saran dan kritik bisa berkomentar di kolom komentar. Dan jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman keren bisa dibagi dengan teman-teman pendingin lainnya. Terima kasih.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

wa