googC8LGQ1sdnScSzbkX9LsMLp3KzpqWpLrjNF0c

Kode Error Ec Pada Ac Electrolux

Halo sobat pendingin jumpa lagi dengan artikel terbaru dari trijaya, kali ini saya akan membahas tentang kode error EC pada ac electrolux dan cara bagaimana mengatasi kode error tersebut. Electrolux adalah brand ternama dan terkenal di kalangan menengah ke atas, product mereka yang paling terkenal mesin cuci, mesin pengering pakaian dan kulkas.

Belum lama ini electrolux mengeluarkan product terbaru mereka yaitu penyejuk ruangan atau yang biasa disebut dengan AC. Permintaan penyejuk ruangan yang tinggi di pasaran membuat pihak electrolux membuat trobosan baru dan ikut mengeluarkan product penyejuk ruangan untuk bersaing dengan brand-brand ternama lainnya.

Ac electrolux terbilang masih sangat baru, tentu ada kekurangan dan kelebihan pada product ini. Kalau untuk kekurangannya mungkin tidak dapat saya beberkan takut salah he he he, namun untuk kelebihannya ac electrolux dapat memberikan info kerusakan dengan cara muncul kode error pada layar display.

Demikian sedikit ulasan tentang product electrolux, Ok kita akan langsung ke pokok pembahasan. Pada umumnya mesin penyejuk ruangan model terbaru memiliki kelebihan yaitu dapat memberikan info kesurakan pada sistem.

Kali ini kita akan membahas kode errro pada ac electrolux, dan juga cara memperbaikinya. Sering kali saya jumpai pada ac electrolux muncul kode error EC, ada beberapa langkah yang harus anda perhatikan.

Langkah pertama, pastikan unit penyejuk ruangan dalam keadaan bersih indoor dan outdoor sudah di cuci. Riset atau matikan unit dengan cara mencabut steker atau bila mengunakan power langsung maka matikan power dari MCB, tunggu selama 5 menit lalu coba hidupkan kembali.

Langkah kedua, bila masih muncul kode error EC cek thermistor pada indoor dalam keadaan masih bagus atau tidak. Dengan cara mengukur nilai hambatan pada thermistor menggunakan multy tester, bila nilai hambatan berkurang atau putus maka ganti dengan thermistor yang baru.

Langkah ketiga, bila langkah pertama dan langkah kedua masih belum berhasil coba cek tekanan refrigerant pada unit. Sebelum muncul kode error EC bisanya unit outdoor akan bekerja terbih dahulu lalu tidak lama kemudian akan mati dan di unit indoor akan muncul kode error EC, nah pada saat itu lah anda dapat memeriksa tekanan refrigerant.

Caranya riset terlebih dahulu tunggu 5 menit lalu hidupkan kembali, tunggu sampai outdoor hidup. Setelah tekanan refrigerant diketahui barulah anda dapat melakukan tindakan selanjutnya.

Bila tekanan refrigerant berkurang cek kemungkinan ada kebocoran pada jalur refrigerant. Bila sudah dipastikan tidak ada kebocoran baru lah anda melakukan pengisian ulang refrigerant pada unit.

Harus lah selalu di ingat bahwa untuk refrigerant type R.32 dan R.410 tidak dapat ditambah melainkan harus di isi ulang. Dan juga sebelum pengisian harus melalui proses vacuum udara terlebih dahulu.

Langkah keempat, bila semua langkah sudah dilakukan dan tetap saja hasil nya masih muncul kode error EC pada ac electrolux makan anda harus memeriksa bagian modul. Ganti modul original atau bisa juga menggunakan modul multy, atau bila anda memahami tentang perbaikan modul anda juga bisa memperbaikinya.

Langkah-langkah diatas saya dapat dari pengalaman pribadi saya selama service ac. Mungkin setiap teknisi punya pengalaman dan cara service yang berbeda-beda.

Demikian lah artikel tentang cara mengatasi kode error EC pada ac electrolux, semoga bermanfaat dan bila ada pertanyaan tentang kode error lainnya dapat memberikan komentar di kolom komentar.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

wa