googC8LGQ1sdnScSzbkX9LsMLp3KzpqWpLrjNF0c

Cara Memperbaiki Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin


Mau tau cara memperbaiki kulkas tidak dingin? Kulkas adalah mesin pendingin yang sangat dibutuhkan dalam rumah tangga. Fungsinya sebagai tempat penyimpanan bahan makanan dan minuman agar tetap awet dan segar. Nah kalau kulkas rusak bukankah sangat merepotkan, anda tidak dapat lagi menyimpan bahan makanan atau minuman.

Ada banyak model dan ukuran kulkas dari yang kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, dan model-model yang lebih canggih lainnya. Secanggih apa pun kulkas tersebut pasti lah mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Pada umumnya bila kulkas rusak itu pasti identik dengan kata kulkas tidak dingin, kulkas tidak beku, kulkas mati total, kulkas nyetrum.  Ada 2 sistem pada kulkas yaitu sistem mekanik dan sistem electrical. Saya tidak akan menjelaskan secara detail kedua sistem tersebut karena untuk sebagian kalangan teknisi pastinya sudah sangat paham.

Untuk yang belum mengetahuinya saya akan memberikan intinya saja dengan bahasa saya karena setiap teknisi punya pemahaman dan cara kerja yang berbeda-beda. Sistem refrigerasi adalah suatu sistem yang mengatur suhu untuk mencapai suhu di bawah suhu ruangan atau lingkungan.
Pada sistem ini membutuhkan daya tekanan untuk merubah zat cair menjadi gas. Komponen pada kulkas adalah kompresor, kondensor, kapiller, filter, dan evaporator.

Sistem electrical adalah sebuah sistem yang mencakup tentang komponen atau alat ,yang membutuhkan tegangan listrik. Komponen pada kulkas yaitu, kompresor, motor fan, timer defrost, thermo fuse, heater, thermostat kontrol.

Untuk kali ini saya akan membahas tentang kulkas 2 pintu tidak dingin. Ada banyak penyebab kulkas tidak dingin, anda harus memastikan terlebih dahulu sistem mana yang bermasalah.

Nah saya akan memberikan contoh cara memperbaiki kulkas 2 pintu tidak dingin. Pada awalnya anda harus memahami terlebih dahulu keluhan pelanggan anda misalnya, kulkas nya tidak dingin tetapi lampu didalam kulkas hidup.

Langkah awal yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah cek bagian kompresor bekerja atau tidak dengan menggunakan tang ampere. Bila kompresor masih bekerja pasti akan menunjukan angka pada tang ampere.

Pada tang ampere menunjukkan angka di bawah 0,5 ampere lalu pegang bagian filter rasakan dingin atau hangat. Bila filter terasa dingin bisa di pastikan, penyebab kulkas tidak dingin karena jalur refrigerant ada penyumbatan pada filter.

Langkah selanjutnya, potong bagian pipa kapiller terlebih dahulu sampai refrigerant habis terbuang. Lalu potong pipa filter yang tersumbat, lalu lepas pipa low pres pada kompresor dengan alat las.

Flashing bagian evaporator dengan cara, pasang pentil pada pipa low press lalu beri tekanan dengan nitrogen atau bisa juga dengan refrigerant. Tujuan flashing untuk membersihkan sisa oli yang terjebak didalam evaporator. Dan yang perlu diperhatikan jangan sekali-kali mencoba flashing dengan mengunakan gas oksigen karena fatal akibatnya dapat menimbulkan ledakan yang akan membahayakan orang disekitar.

Setelah itu pasang kembali pipa low press yang di lepas tadi pada kompresor. Ganti filter dengan yang baru, bila pada kompresor belum ada pentil maka pasang pentil. Untuk pengelasan pipa saya sarankan untuk mengunakan alat las yang standar, karena hasilnya akan lebih bagus dan sempurna.

Bila semua sudah terpasang pastikan kembali kalau tidak ada bocor pada titik las di pipa,dengan cara memberikan tekanan. Cek satu persatu titik las tersebut bila sudah yakin tidak ada kebocoran maka buang kembali tekanan yang di masukkan tadi.

Langkah berikutnya, lakukan pengosongan udara pada sistem refrigerasi dengan alat vacuum. Vacuum bertujuan untuk menghisap udara yang mengandung uap air agar terbuang keluar.caranya pasang selang manifold pada pentil kompresor dan satu selang lagi pasang pada alat vacuum. lakukan selama 20 menit atau 30 menit agar hasil lebih sempurna.

Setelah pengosongan udara selesai, lepas selang yang terpasang pada mesin vacuum . lalu pasang selang tersebut pada pentil tabung refrigerant, isi refrigerant hingga tekanan mencapai 50 psi. Kemudian hidupkan kulkas dan pastinya tekanan awal akan berkurang.

Lakukan pengisian refrigerant secara perlahan hingga mencapai tekanan 15 psi dan ampere kompresor mencapai 0,7 ampere untuk kulkas 2 pintu. Untuk besar kecilnya ampere kompresor tergantung dari ukuran kompresor kulkas tersebut. Setelah semua selesai dan dirasa cukup lepas selang manifold pada kompresor dan perbaikan pun selesai.

Demikianlah artikel tentang cara memperbaiki kulkas 2 pintu tidak dingin, semoga bermanfaat untuk kita semua.



Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

wa